Internet Time: SemaranG (GMT+7)
Y!M : SlameT.WieD

slamet.wied@yahoo.co.id
► sms: 081.1270-4422 ◄
►call: (024)7021-4422 ◄

wiwit Maret 2010
kB


بِسْــــــــــــــــــــــمِ اﷲِارَّحْمَنِ ارَّحِي t=2011-11-27%2000:00:00&j=Tahun Baru %201433 H (1 SURO)

Sekilas tentang VPN


VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, yaitu jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site secara aman.
Perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site.

Keuntungan menggunakan layanan Virtual Private Network :
  1. Browsing, surfing, dan transfer data melalui internet menjadi semakin aman.
  2. Menyembunyikan IP address Anda. Karena setelah menggunakan VPN kami, IP address yang terekam merupakan IP address dari server kami yang lokasinya berada di Amerika.
  3. Seluruh aplikasi di komputer/PC anda menjadi lebih aman.
    Misalnya skype, instant messagers: ICQ,AIM,email dan lain sebagainya.
  4. Akses dengan kecepatan tinggi ke beberapa situs atau layanan lainnya
  5. Proteksi penuh terhadap akses internet Anda ketika berada pada lokasi hotspot/WiFi.
  6. Bypass pemblokiran yang dilakukan oleh Internet Service Provider (ISP) dimana Anda melakukan koneksi internet.
Perlu diketahui bahwa penggunaan VPN itu sebenarnya lebih pada tujuan koneksi internet dengan menggunakan jalur pribadi.
Oleh sebab itu salah bila mengartikan VPN adalah salah satu bentuk ISP.
Bukan VPN yang menjadikan kita terkoneksi ke internet, karena VPN hanya bisa diakses setelah kita terkoneksi ke jaringan internet.
Kadang kami menjumpai pelanggan baru yang menanyakan, "VPN-nya pakai operator seluler apa?". Pertanyaan tersebut muncul karena mereka berpikir bahwa VPN itu dianggap sebagai salah satu ISP.

VPN bukan ISP. Syarat utama menggunakan layanan VPN adalah client harus sudah terkoneksi ke internet dari suatu ISP. Entah itu koneksi menggunakan jalur broadband (Operator seluler baik GSM maupun CDMA), jalur koneksi kabel (Speedy, telkomnet instan), maupun jaringan wireless LAN (Wifi/Hotspot). Asalkan sudah terkoneksi ke internet maka client dipastikan dapat menggunakan layanan VPN.



Sebenarnya pemanfaatan VPN ditujukan kepada kepentingan pemakai untuk bypass proxy dari ISP dimana mereka sedang menggunakan layanan internet, karena terkadang ISP memblokir beberapa situs untuk keperluan tertentu.
VPN juga mampu untuk menjadikan kita anonymous /hide IP address (alamat/IP kita tidak kelihatan) ketika sedang berselancar di internet.

Namun pada kondisi tertentu, VPN juga bisa untuk mengakses ISP tanpa dikenakan biaya akses internet dari si ISP tersebut alias gratis.
Dibutuhkan pengaturan dan trik khusus untuk dapat memanfaatkan VPN untuk keperluan tersebut. Mungkin inilah yang sekarang sedang marak-maraknya di dunia internet Indonesia.

Kami bukanlah layanan VPN yang menjadikan koneksi internet client menjadi gratis. Kami tidak akan menerima keluhan apabila terjadi masalah pada koneksi internet client yang memanfaatkan layanan VPN kami untuk tujuan mendapatkan koneksi internet gratis dari masing-masing ISP.
Tugas kami adalah menjaga privacy client yang menggunakan layanan VPN kami serta menjaga agar server VPN tetap stabil agar client tetap dapat berinternet dengan aman dan nyaman selagi menggunakan layanan VPN kami.



1 komentar:

Deddy, Kudus mengatakan...

berapa biaya bulanane Mas?